Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

PPN Sungailiat selenggarakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) di Pantai Rebo Kab. Bangka

PPN Sungailiat, Bangka, Ratusan warga mengikuti kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), Minggu (19/8/2018) siang di Pantai Rebo yang diselenggarakan pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat.

Kegiatan GBPL ini dibuka oleh Sekda Bangka Akhmad Mukhsin dengan memberikan apresiasi kegiatan ini, dimana melibatkan institusi KKP yakni karantina, satgas pengawas, DKP provinsi, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, kepolisian, Satpol PP Kabupaten Bangka, TNI, Polairud, Lanal Babel, pelajar, mahasiwa, pramuka, LSM, wartawan, pecinta lingkungan dan masyarakat Desa Rebo.

Menurut Kepala PPN Sungailiat, Bapak Ir. Tri Aris Wibowo, M.Si, kegiatan GBPL program dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dalam rangka memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui progam kegiatan bersih-bersih pantai menghadap ke laut yang dilakukan di 73 titik di daerah-daerah pesisir secara serempak di seluruh Indonesia.

Kabupaten Bangka menjadi salah satu titik dari 12 titik pelaksanaan kegiatan Gerakan Bersih Pantai (GBPL)  untuk wilayah Sumatera. Dalam kesempatan ini Kepala PPN Sungailiat Bapak Ir. Tri Aris Wibowo, M.Si, menyampaikan betapa pentingnya kebersihan laut terhadap kehidupan kita karena sumber kehidupan dan penghidupan kita dari laut, apabila lautnya bersih, lestari kita juga merasa nyaman, enak dipandang dan akan menghasilkan dari sisi pariwisata.

Pemilihan lokasi Pantai Rebo karena belum ada pengelolanya, dekat dengan masyarakat sehingga melalui kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) bisa memberikan inspirasi dan motivasi terhadap masyarakat sekitarnya untuk terlibat dalam kegiatan bersih-bersih pantai.

Dalam kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL)  setelah dilakukan penimbangan berhasil dikumpulkan sampah organik sebanyak 2.076,5 Kg, sedangkan sampah an organik sebanyak 450,5 Kg. Selanjutnya sampah ini dibuang ke tempat pembuangan akhir menggunakan Dump Truck yang telah disediakan.

Usai kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL)  tersebut dilakukan gerakan menghadap ke laut dengan bergandengan tangan seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri, filosofi menghadap kelaut ini menurut Kepala PPN Sungailiat, laut itu indah dan bersih sehingga nyaman di mata dan nyaman melakukan aktifitas.Selanjutnya Kepala PPN Sungailiat menghimbau agar semua lapisan masyarakat baik pengunjung pantai maupun masyarakat sekitarnya untuk lebih peduli terhadap kebersihan pantai, karena kotoran di pantai hanyut ke laut sehingga banyak plastik yang akan dimakan oleh ikan-ikan.

© Direktorat Kepelabuhanan Perikanan. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.