Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Penangkap Ikan di Bangka

Rabu,31 Oktober 2018. Dinas Perikanan Kabupaten Bangka memberikan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) penangkapan ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan, di Pantai Matras, Kecamatan Sungailiat. Bantuan sebesar Rp 1.107.056.000 itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun 2018.

Bantuan yang diserahkan berupa kapal fiber glass 3 GT sebanyak sembilan paket dengan konsultan perencana satu paket dan konsultan pengawasan satu paket, jaring gillnet, mesin 18 PK, GPS dan kotak pendingin masing masing sebanyak sembilan paket. Dalam kesempatan itu turut diserahkan dana asuransi bagi nelayan yang meninggal dunia.

Adapun KUB penerima bantuan yakni KUB Karya Sejahtera Pagarawan, KUB Bubus Darat Belinyu, KUB Bintang Orion Nelayan II Sungailiat, KUB Teluk Limau Matras Sungailiat, KUB Sumber Rezeki 1 Air Anyir Merawang, KUB Air Melandut Dusun Sinar Gunung desa Riau, Riau Silip, KUB Nelayan Bersama Desa Deniang, KUB Harapan Baru Tanjung Ratu, KUB Batu Berakit I Lingkungan Kuala Matras.

Bantuan sarana dan prasarana nelayan yang tergabung dalam sejumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan implementasi program pendampinan nelayan tangkap untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sehingga bermuara pada pencapian visi dan misi meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan yang berdaya saing dan berkelanjutan

Melalui program kegiatan ini, diharapkan nelayan di Kabupaten Bangka menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan yang ada di Kabupaten Bangka. Nelayan yang ada di Kabupaten Bangka juga diharapkan menjadi lebih mandiri dan terlepas dari tengkulak dan adanya peningkatan produksi terhadap nelayan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Staf ahli bupati bidang perekonomian, Dawami dan sejumlah pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangka, dalam hal ini dari PPN Sungailiat di hadiri oleh Kasie Operasional dan Kasie Kesyahbandaran.

© Direktorat Kepelabuhanan Perikanan. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.