Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

Menteri Koperasi dan UKM Kunjungi TPI Kota Pekalongan

Menteri Koperasi dan UKM Kunjungi TPI Kota Pekalongan

Pekalongan (7/8) – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan yang berlokasi di Jalan WR Supratman, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Dalam kunjungan tersebut, Menkop-UKM didampingi oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Mahfudz beserta segenap jajarannya. Kepala PPN Pekalongan Kurmawan selaku stakeholders yang terkait dengan nelayan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Di sela-sela kunjungan tersebut, Teten menyempatkan diri untuk melihat secara langsung proses pelelangan ikan di TPI Kota Pekalongan, dan selanjutnya dilakukan dialog dengan nelayan anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Mitra Umat Pekalongan. Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen untuk memfasilitasi pembiayaan mudah dan ringan bagi para nelayan tidak saja untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk mengembangkan usaha perikanannyan di masa pandemi COVID-19 ini. Penyaluran bantuan tersebut direncanakan akan melalui KSPPS BMT Mitra Umat.

Dengan melakukan dialog langsung dengan nelayan, diharapkan dapat diketahui Permasalahan dan kebutuhan para nelayan di Pekalongan saat ini, apakah itu terkait dengan penambahan jumlah armada, pembelian alat tangkap yang lebih modern, maupun pembelian cold storage, sehingga hasil tangkapan nelayan akan tetap terjaga kualitasnya dan mempunyai ekonomi tinggi. Di tingkat pusat, Kementerian Koperasi dan UKM juga sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait data nelayan di seluruh Indonesia yang potensial untuk mendapatkan bantuan tersebut (ve).

© Direktorat Kepelabuhanan Perikanan. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.