Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

BIMBINGAN TEKNIS SERTIFIKASI KECAKAPAN NELAYAN

Pacitan - Nelayan merupakan salah satu profesi yang berat dan berisiko, sehingga diperlukan kecakapan khusus untuk menjalaninya. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus  berkomitmen untuk meningkatkan kecakapan dan pemberdayaan nelayan. Salah satunya dengan menyiapkan nelayan yang handal dan bersertifikasi untuk mendukung penangkapan ikan terukur. Dengan kemampuan yang mumpuni nelayan dapat meningkatkan produksi tangkapannya sehingga dapat meningkatkan pendapan dan kesejahteraannya.

Pada Selasa (23 Agustus 2022) tim instruktur dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sertifikasi Kecakapan Nelayan. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Pelabuhan Perikanan Tamperan, Pacitan ini diikuti oleh sekitar 50 orang nelayan.

Peserta Bimtek difokuskan pada nahkoda kapal perikanan berukuran 5 GT dan anak buah kapal yang bekerja pada kapal perikanan 5 - 30 GT. Mereka mendapatkan materi pengetahuan dasar tentang pelayaran dan operasi penangkapan ikan serta pengenalan keselamatan kerja dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

 

© Direktorat Kepelabuhanan Perikanan. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.