Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Ambon | 03 March 2016

1.200 Supermarket di Amerika Siap Pasarkan Ikan dari Maluku

Ambon - Sekitar 1.200 supermarket Amerika Serikat siap memasarkan ikan hasil ekspor dari Maluku.

Ekspor ikan dari Maluku tesebut berasal dari empat kelompok ma­syarakat nelayan yang dibentuk oleh Pemprov Maluku di Kabupaten Malteng, SBB dan Buru.

“Sudah ada 1,200 supermarket di Amerika Serikat yang siap untuk pasarkan ikan yang diekspor dari Maluku,” kata Kepala Biro Pengem­bangan Ekonomi dan Investasi Provinsi Maluku Anthon Lailosa kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (25/2).

Dikatakan, ada dua perusahaan yang siap membantu keempat kelompok nelayan tersebut melakukan ekspor yakni PT Arta Samudra di Ambon, dan PT Anova di Bali. “Ekspor ikan dari kelompok masyarakat nelayan ini dilakukan menindaklanjuti kerjasama yang dijalin oleh Pemprov Maluku dengan Amerika Serikat sejak tahun 2014,” katanya.

Hingga kini keempat kelompok nelayan tersebut masih mengikuti pelatihan dari para pelatih yang langsung didatangkan dari Amerika Serikat.

“Mereka dilatih untuk bisa me­nangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan sampai dengan cara mengemas ikan guna menembus pasar Amerika Serikat,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan utama kerja­sama dengan Amerika Serikat yaitu memberdayakan masyarakat nelayan sehingga dapat memenuhi syarat ekspor ikan ke Amerika Serikat maupun daerah lainnya dalam skema perda­gangan yang adil.

“Kami juga sementara berupaya untuk menjalin kerja sama dengan negara lainnya dengan metode yang sama dengan Amerika Serikat, karena hal ini akan sangat menguntungkan nelayan,” jelasnya.

- See more at: http://www.siwalimanews.com

« Kembali