Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Bajomulyo | 16 May 2016

17 Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ikan laut merupakan makanan yang identik dengan kecerdasan dan pertumbuhan tubuh. Manfaat ikan laut bagi kesehatan memang terkait dengan nutrisi di dalamnya, termasuk protein dan omega-3. Keunggulan ikan laut dibanding sumber protein lainnya adalah rendahnya kadar lemak di dalamnya. 
 

Bagi pelaku diet, ikan laut merupakan alternatif yang baik untuk memenuhi asupan protein, atau sebagai pengganti daging merah.

Fakta Nutrisi pada Ikan Laut

Ikan laut mengandung omega 3 yang lebih tinggi daripada ikan tawar. Namun, ikan tawar juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tidak ada pada ikan laut.

Gizi utama yang terdapat pada ikan laut seperti omega-3, omega-6, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, selenium, dan taurin.
 

17 Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Konsumsi ikan laut memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Namun, hindari konsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan keracunan. Cukup tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat ikan laut bagi kesehatan tubuh anda: 

1. Menyehatkan Otak

Ikan laut mengandung taurin dan omega-3. Keduanya sangat membantu perkembangan sel otak, terutama pada bayi dan balita.

2. Menguatkan gigi 
 

Ikan laut kaya akan kalsium dan fluor yang berguna untuk menguatkan struktur tulang dan gigi. Mineral ini mampu mencegah munculnya karies gigi. Ikan teri mengandung kadar fluor yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Menyehatkan jantung

Konsumsi ikan laut setidaknya sekali dalam seminggu akan mencegah pembekuan darah, dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Baik untuk Pencernaan

Ikan laut mengandung protein dengan rantai pendek, berbeda dengan protein pada daging merah. Sehingga lebih mudah diserap oleh usus halus.

5. Menjaga kesehatan Mata

Omega 3 pada ikan laut juga berguna untuk melindungi retina mata. Sehingga mata anda lebih sehat, dengan asupan omega-3 yang memadai. Bahkan, dengan adanya vitamin A dan B kompleks di dalamnya mampu untuk mencegah kebutaan pada anak-anak.

6. Meningkatkan imunitas

Lemak baik yang terkandung di dalam ikan laut juga memegang peranan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga stamina, sehingga lebih kebal terhadap serangan penyakit.

7. Menguatkan tulang

Vitamin D yang terdapat dalam ikan laut berperan dalam proses pembentukan tulang, dan berguna untuk menjaga kekuatan tulang.

8. Mengurangi risiko kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan laut, ternyata dapat mengurangi resiko kanker hingga sebesar 30-50 persen. Khususnya pada kanker kerongkongan, rongga mulut, usus besar dan prostat.

9. Menurunkan kadar kolesterol tinggi dan lemak

Omega-3 seperti EPA dan DHA yang ada pada ikan laut, berperan untuk mengontrol kolesterol dan mengikat lemak.

10. Mencegah penyakit degeneratif

Metabolisme di dalam tubuh akan meningkat dengan adanya asupan omega 3, dan selenium yang terkandung pada ikan laut. Sifat antioksidan pada ikan laut juga sangat membantu untuk mengatasi penyakit degeneratif.

Konsumsi ikan laut dengan rutin setidaknya sekali dalam seminggu akan menurunkan risiko penyakit demensia dan alzheimer.

11. Meningkatkan energi

Ikan laut diperkaya dengan vitamin B kompleks yang ikut andil dalam pembentukan energi, selain karbohidrat dan lemak. Vitamin B kompleks bekerja untuk menunjang metabolisme karbohidrat di dalam tubuh kita. Ikan laut sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang dengan rutinitas padat.

12. Mengatasi Anemia

Zat besi dan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam ikan laut, sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

13. Meredakan gejala migrain

Vitamin B kompleks yang ada dalam ikan laut juga berguna untuk meringankan gejala migrain.

14. Mencegah penyakit amandel

Ikan laut dilengkapi dengan mineral yodium, yang berguna untuk mencegah penyakit amandel (tonsilitis).

15. Menyehatkan pernafasan

Konsumsi ikan laut dengan rutin dapat mencegah gangguan nafas seperti penyakit asma, pada anak-anak.

16. Melawan depresi

Kekurangan omega-3 pada tubuh dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami depresi. Dengan asupan omega-3 yang memadai, akan mencegah gangguan psikis ini.
 

Manfaat Ikan laut bagi kecantikan


17. Mencegah penuaan dini

Vitamin E dan selenium yang tersedia di dalam ikan laut, berguna untuk menjaga elastisitas jaringan kulit. Sehingga mencegah penuaan dini pada kulit seperti keriput dan kulit yang kendur.

Nah, itulah manfaat ikan laut bagi kesehatan yang luar biasa. Namun, hindari konsumsi ikan laut secara berlebihan. Sebagian orang mengalami alergi terhadap ikan laut. Bagi ibu hamil, pilihlah ikan laut yang rendah merkuri seperti salmon, forel, dan teri. Wanita hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi ikan laut, untuk menjaga kesehatan janinnya. Semoga bermanfaat bagi anda.

 

Dikutip dari : WWW.KINISEHAT.COM

« Kembali