Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Labuhan Lombok | 27 December 2016

BEKRAF FASILITAS PROGRAM PEMBENTUKAN EKOSISTEM DESA KREATIF TENUN LOMBOK

Setelah tiga bulan sejak September 2016, Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah melakukan Pembinaan dan Pendampingan terhadap 50 pengrajin yang mewakili dari 2 Desa di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yakni Dusun Matek Maling, Desa Ganti 25 orang dan Dusun Wadek, Desa Ternak Rarang 25 orang, hari ini bertempat di Hotel Dmax, Praya Kabupaten Lombok Tengah dilakukan workshop bulan ketiga Program Fasilitasi Pembentukan Ekosistem Desa Kreatif Tenun Lombok di Kabupaten Lombok Tengah. Masih dalam rangkaian kegiatan workshop tahap ketiga atau bulan ketiga yang dimentori oleh Fesyen Desainer Denny Kho dan Winny Nagawati pada ini difokuskan pada pengembangan motif, pola, memotong, dan komposisi warna.
Dibulan pertama yakni bulan September workshop difokuskan pada edukasi penenun terkait pewarna alam oleh Lale Alon Sari, dimana di Kabupaten Lombok Tengah potensi alam untuk bahan pewarna alam tersedia di lingkungan para penenun.

Dalam kegiatan selama tiga bulan di Kabupaten Lombok Tengah tersebut telah berhasil memberikan semangat serta tambahan skills bagi para penenun dalam melakukan perubahan berbasis kearifan lokal dan kebutuhan pasar. Dari 50 penenunen yang ikut dalam program ini, hari ini kita disuguhi banyak sekali hasil tenun yang mengalami transformasi baik dalam penggarapannya serta keragaman hasil tenunnya.

Landasan Pembentukan Ekosistem Desa Kreatif tersebut dimaksudkan untuk mengenali potensi unggulan dari sebuah wilayah dengan berusaha mengetahui dari 4 Rantai Nilai Ekonomi Kreatif, serta 4 aktor (Akademisi, Bisnis, Komunitas dan Pemerintah), serta 2 (dua) daya ungkit yakni forwad linkage dan backward linkage. Artinya program ini dilakukan secara bersama-sama dan saling sinergi oleh lintas pemangku kepentingan yang melibatkan Pemerintah baik pusat maupun daerah, komunitas kreatif sebagai representasi masyarakat, akademisi dan para pelaku usaha. Program fasilitasi Pembentukan Ekosistem Desa Kreatif memiliki tujuan besar, yaitu; peningkatan PDRB, peningkatan jumlah tenaga kerja terampil, serta pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal.

Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf, Selliane Halia Ishak mengungkapkan bahwa melalui pelatihan dan pendampingan yang digelar di Kabupaten Lombok Tengah tersebut diharapkan para penenun yang terlibat mampu menangkap potensi kerajinan Tenun Lombok di Kabupaten Lombok Tengah.

Sebanyak 50 pengrajin yang mewakili 2 desa di Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki motivasi dan semangat yang sangat tinggi dalam mengikuti program ini dan telah terbukti selama tiga bulan ini mampu menghasilkan kreasi yang luar biasa,” jelas Selliane.
Lebih jauh Selliane menjelaskan bahwa dari 50 pengrajin yang saat ini mengikuti pelatihan terbukti memiliki semangat dan potensi bagus untuk berkembang. Oleh karenanya hingga pada akhir program nanti mereka akan terus dibina sehingga benar-benar bisa dan mahir.

“Alhasil, selama tiga bulan program ini berjalan, para peserta telah menghasilkan kreasi yang sudah bagus, ke depan tinggal menyalurkannya saja ke pasar yang saat ini untuk di Indonesia masih terbuka sangat luas dan bagus,” terang Selliane.
Ditambahkannya, dengan ekosistem yang sudah dibentuk dengan baik, harapannya ke depan ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Tengah akan tumbuh dengan baik dan matang menjadi sebuah industri  mulai dari hulu hingga hilir. Jika itu bisa terjadi, kedepannya tentu sangat bagus untuk dapat mengembangkan ekonomi kreatif secara khusus di Kabupaten Lombok Tengah dan sekitarnya serta secara menyeluruh di Indonesia.

Denny Kho, jebolan Vecoles Des Beaux Arts di Angers Perancis, seorang Desainer Fesyen/ Tekstil yang juga mentor untuk Tenun Lombok dan selama tiga bulan melakukan pembinaan serta pendampingan dalam program ini menjelaskan bahwa, para pengrajin yang ikut dalam program ini secara skills sudah menguasai, sehingga mempermudah tugasnya untuk mengajak bersama-sama berubah menjadi yang lebih baik dari sisi kreasi.

Lebih jauh ia berharap, setelah suksesnya Program Fasilitasi Pembentukan Ekosistem Desa Kreatif di Lombok Tengah selama tiga bulan ini, kedepannya diharapkan pemerintah daerah memiliki kesamaan semangat untuk meneruskan dan menyukseskan pembentukan ekosistem Desa kreatif – kerajinan Tenun Lombok ini dengan senantiasa melakukan pembinaan dan pendampingan.(Tim Media Relation BEKRAF)


Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://www.ntbprov.go.id/berita-bekraf-fasilitasi-program-pembentukan-ekosistem-desa-kreatif-tenun-lombok.html#ixzz4TzcCzKYg

« Kembali