Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Kejawanan | 28 February 2020

Bimbingan Teknis SKPI bagi Awak Kapal Perikanan di PPN Kejawanan

Kamis, 27 Februari 2020, PPN Kejawanan telah melakukan Bimbingan Teknis Sertifikasi Keterampilan Penanganan Ikan (SKPI) bagi Awak Kapal. Bimbingan teknis ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi awak kapal perikanan dalam menjamin mutu hasil penangkapan ikan selama proses penangkapan, penanganan dan penyimpanan ikan di kapal perikanan.

Acara BIMTEK dibuka langsung oleh Kepala PPN Kejawanan Bapak Bagus Oktori Sutrisno. Kemudian dilanjutkan oleh penyampain materi. Materi disampaikan oleh tiga instruktur/narasumber yaitu Bapak Muklis (Kasi Operasional Pelabuhan) ; Bapak Jajang Hartono (Kasi Kesyahbandaran), Bapak Rujit Anggoroningtyas (Pengawas Perikanan Pelaksana Lanjutan)

Terdapat tujuh (7) materi yang disampaikan oleh instruktur/ narasumber antara lain: Pengenalan Prinsip ABCD, Pengenalan proses kemunduran mutu, persyaratan hygiene personal, pengenalan tehnik penanganan ikan di atas kapal, pengenalan tehnik penyimpanan dingin, pengenalan tehnik pengujian organoleptik, pengenalan standar pembongkaran ikan. Jumlah peserta yang telah mengikuti BIMTEK sebanyak 29 orang. Setelah peserta diberikan materi kemudian dilakukan evaluasi terhadap pemahaman terhadapmateri yang telah disampaikan.

 

« Kembali