Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Ambon | 13 December 2016

Dirgahayu Hari Nusantara 2016

PPN Ambon, Pada Hari ini Selasa 13 Desember 2016 seluruh pegawai PPN Ambon melaksanakan upacara Hari Nusantara di lapangan upacara Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon.

Pelaksanaan upacara Hari Nusantara tahun 2016 ini dipimpin lansung oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon AA. Cholieq Syahid. Peringatan Hari Nusantara diikuti dengan penuh hikmah meski di guyur hujan. Tema Peringatan Hari Nusantara 2016 ini adalah “Tata Kelola Potensi Maritim Nusantar yang baik menuju Poros Maritim Dunia”.

Dalam amanat dan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang di bacakan lansung oleh Kepala Pelabuhan PPN Ambon, menyampaikan bahwa setiap tanggal 13 desember di laksanakan upacara dalam rangka memperingati Deklarasi Djuanda yang di cetuskan pada tanggal 13 desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya.

Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut internasional, sehingga melalui penyataan diri sebagai Negara Kepulaun, maka laut bukanlah pemisah tetapi pemersatu bangsa. Tanggal 13 desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden RI kelima Ibu Megawari Soekarnoputri melalui Keppres No. 126 tahun 2001.

Momen Hari Nusantara, selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan Nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat dan matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat.

Kepala PPN Ambon Menyampaikan dengan jelas bahwa kementerian kelautan dan perikanan menerjemahkan arahan presiden RI dengan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kelautan nasional, melalui 3 misi, yakni: Kedaulatan, Keberlanjutan, dan Kesejahteraan.

Salah satu wujud nyata dari pelasanaan misi tersebut adalah dengan memberantas Illegal Fishing melalui penegakan hukum di laut, pemberantasn illegal fishing telah memberikan dampak yang signifikan bagi ekonoi perikanan di indonesia, bahkan dunia internasional, sehingga Sumber daya ikan semakin melimpah dan dapat dinikmati oleh seluruh nelayan indonesia.

Peringatan Hari Nusantara ini tidak hanya sekedar serimonial saja, tetapi juga menjadi modal pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar atau terpencil, yang merupakan wujud sinergitas program Kementerian/Lembaga dalam pembangunan kelautan.

Keluarga Besar PPN Ambon Mengucapkan Dirgahayu Hari Nusantara 2016.

red.

« Kembali