Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Palabuhanratu | 07 February 2017

KAPAL NELAYAN HILANG

Sebuah kapal penangkap ikan asal Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. "Sudah 2 pekan hilang. Kami kehilangan kontak dengan nakhoda maupun ABK, seharusnya kapal pulang pada 3 Februari, sudah pulang" kata pemilik kapal Takeu di Sukabumi, Senin.

Informasinya, kapal penangkap (KM.CBR) tersebut berangkat dari Palabuhanratu pada 23 Januari untuk mencari ikan di sekitar perairan laut Banten. Perbekalan logistik yang dibawa nakhoda bersama ABKnya hanya cukup untuk 12 hari, sehingga sesuai jadwal mereka pulang harus pada 3 Februari.

Namun hingga kini empat pelaut bersama kapalnya tidak juga kembali yang dikhawatirkan terjadi kecelakaan laut seperti kapal karam dan lain-lain. Mengingat cuaca di tengah laut saat ini sangat buruk sebab sedang musim angin barat.

Hingga saat ini pihak Pemilik Kapal, Satker PSDKP dan PPN Palabuhanratu masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, ada dugaan mesin kapal mengalami kerusakan. Namun diharapkan tidak terjadi sesuatu yang bisa menimpa empat pelaut tersebut.

Untuk itu kami Mohon bantuannya Temen-teman yang bertugas di Satker PSDKP atau Pangkalan Pendaratan ikan di Pesisir Barat Sumatra, Selatan Jawa, Selatan Bali dan Plores untuk menginformasikan keberadaan kapal perikanan KM. CBR 03 yang sudah 16 hari beroperasi namun belum kembali ke PPN Palabuhanratu dengan data kapal sebagai berikut :

  1. Nama awak kapal yaitu Nakhoda Andi muslimin dan abk anto, anton dan hamid
  2. Tanggal keberangkatan dari PPN Palabuhanratu dari tanggal 23 januari 2016 menuju kelaut dengan daerah penangkapap di Lintang Selatan 9 dan
  3. Lamanya operasi penangkapan ikan KM. CBR 03 biasanya hanya 10 hari sudah kembali ke PPN Palabuhanratu
  4. alat tangkap pancing tonda
  5. Ukuran kapal 5 GT
  6. Gambar persis dengan kapal dibawah ini

« Kembali