Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Bajomulyo | 16 March 2017

KEGIATAN SOSIALISASI KESYAHBANDARAN DAN KESELAMATAN BERLAYAR PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BAJOMULYO

        Juwana - PPP Bajomulyo pada hari Selasa, tanggal 14 Maret 2017 bertempat di Ruang Pertemuan TPI Bajomulyo Unit II Juwana melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Kesyahbandaran dan Keselamatan Berlayar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari nelayan, pengurus kapal dan pemilik kapal dengan Narasumber yaitu dari UPP Kelas III Juwana dan Pol Air Polres Pati. Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan adalah untuk memberikan pemahaman kepada nelayan tentang pentingnya keselamatan kerja dilaut dan juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kurang pahamnya nelayan terhadap keselamatan kerja.

        Keselamatan selama pelayaran merupakan kebutuhan mutlak bagi para nelayan yang melakukan proses penangkapan ikan dilaut. Sehingga nelayan perlu untuk memahami tentang faktor – faktor penyebab kecelakaan selama bekerja dilaut maupun cara pencegahannya. Mengingat pentingnya keselamatan dalam pelayaran bagi nelayan, maka dipandang perlu oleh PPP Bajomulyo untuk melaksakan kegiatan sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi nelayan, dimana nelayan merupakan salah satu motor penggerak perikanan di Indonesia yang menyediakan kebutuhan ikan untuk dikonsumsi masyarakat.

        Keselamatan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan dan kepelabuhan. Keselamatan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bagi nelayan yang usahanya adalah melakukan penangkapan ikan dilaut, dimana mereka dihadapkan dengan berbagai resiko yang tinggi seperti apa yang disampaikan oleh Narasumber dari Pol Air Polres Pati. Para nelayan perlu untuk membekali diri dengan peralatan keselamatan diri dan mengikuti pelatihan tentang dasar – dasar keselamatan BST (Basic safety Training) yang nantinya dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat BST.

        Semoga melalui Kegiatan Sosialisasi Kesyahbandaran dan Keselamatan Berlayar Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan menambah pemahaman dari  para nelayan tentang arti pentingnya mengutamakan keselamatan dalam usaha kegiatan penangkapan ikan dilaut. (Supriyo/ PPP Bajomulyo).

« Kembali