Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Brondong | 23 April 2017

Kopdar Nasional Garonger Nusantara Tahun 2017 di PPN Brondong

Brondong - Minggu, 23 April 2017, bertempat di Breakwater Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong dilakukan acara silaturrahim anggota pemancing yang memperkenalkan teknis asli memancing yang disebut “Garonger” yaitu memancing dengan mata pancing yang dirangkai menjadi satu seperti jangkar (disebut pancing ganda) dan terutama untuk memancing ikan baronang.

Dalam sambutannya Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong mengucapkan terima kasih sudah dipercaya sebagai tempat kegiatan pemancingan, dan diharapkan kedepan ada pengembangan lebih lanjut. Diharapkan juga kedepan acara dapat dipadukan dengan melakukan bakti sosial, penanaman pohon dan lain-lain. Dalam hal ini PPN Brondong ditunjuk sebagai mitra untuk pengembangan acara ke depannya. Diwilayah Jawa Timur kegiatan pemancingan ini sudah dilakukan 3 kali.

Istilah Garonger termasuk salah satu bahasa lokal dalam lingkup pemancing, yang didapat dari ikan yang didapat yaitu merupakan bahasa gaul mereka dalam menyebut hasil pancingan berupa ikan kecil maupun besar (disebut istilah “babon” oleh mereka). Dalam konotasi positif semua anggota Garonger adalah teman dan Garonger yang mudah harus menghormati Garonger yang senior.

Untuk penyemangat maka ikan yang dapat dilombakan, dengan kriteria:

Juara 1  : dapat ikan “ Babon Lingkis”

Juara 2  : dapat ikan “Babon Tompel”

Juara 3  : dapat ikan “Babon Batik”

 

Salah satu hal yang patut diapresiasi adalah kepedulian mereka untuk memungut sampah bekas acara yang ada disekitarnya untuk dikumpulkan.

Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berlanjut karena akan mendukung salah satu misi pelabuhan sebagai wisata bahari.

« Kembali