Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Ternate | 29 August 2017

KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR JENDERAL PERIKANAN TANGKAP DI TERNATE

KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR JENDERAL PERIKANAN TANGKAP DI TERNATE

Dirjen Perikanan Tangkap Prof. DR. IR. Sjarief Widjadja beserta Sesditjen Perikanan Tangkap dan rombongan Melakukan kunjungan kerja ke Ternate. Kunjungan tersebut berkaitan dengan diundangnya Bpk Dirjen Perikanan Tangkap  untuk memberikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Universitas Khairun ke 53.
Dalam memberikan orasi ilmiahnya di Universitas Khairun Ternate, Bpk Dirjen Perikanan Tangkap memaparkan  kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai dengan nawacita Presiden RI tentang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia karena luas wilayah perairannya dan potensi sumberdaya alamnya. Seluruh SDA di laut ini mampu di kelola dengan baik, luas wilayah laut kurang lebih 5,8 juta M3 belum terkelola dengan baik karena sumber daya lain seperti minyak bumi, batu bara pengelolaannya tinggal 30 sampai 80 tahun sedangkan hutan dan lainnya sudah mulai habis. Universitas Khairun Ternate kita dorong untuk bersama sama bisa mengelola laut kita, kata Dirjen Perikanan Tangkap. Dalam kepemimpinan menteri Susi, KKP menerapkan 3 strategi yaitu : 1. Kedaulatan, 2. Keberlanjutan, 3. Kesejahteraan. Kedaulatan yaitu kita bisa laut kita dari illegal fishing dari negara tetangga kita seperti Philipin, Thailand, Vietnam, Taiwan dan Cina yang sering mencuri ikan di perairan Indonesia.  Keberlanjutan yaitu memelihara stok ikan terjaga dengan strategi konversi hutan manggrov, karang sebagai tempat memijah ikan harus dipelihara, melakukan penertiban alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, dan ukuran mata jaring agar ikan kecil tidak tertanggkap. Kesehjateraan yaitu dengan memberikan bantuan kapal kepada nelayan, alat tangkap ramah lingkungan dan permodalan.
Dengan kebijakan KKP yang  dilaksanakan selama 2 tahun ini telah membuahkan hasil yaitu hasil tangkapan nelayan meningkat, pendapatan nelayan naik,  rumah tangga nelayan bertambah, dan Indonesia yang tadinya peringkat ke tiga di ASEAN dalam mengekspor ikan sekarang menjadi peringkat satu.
Setelah memberikan kuliah umum di Universitas Khairun bpk Dirjen melanjutkan kunjungan ke PPN Ternate untuk bertatap muka dengan para nelayan dan pelaku usaha. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Prov Maluku Utara, Kepala Karantina Ikan Kelas II Ternate, Kepala Satwas PSDKP Ternate, para Pejabat Struktural dan karyawan/iPPN Ternate. Dalam pertemuan tersebut Bpk Dirjen memberikan arahan mengenai kebijakan KKP dan selanjutnya diadakan sesi tanya jawab untuk menampung aspirasi nelayan. Selesai tatap muka dengan nelayan dan pelaku usaha, Bpk Dirjen melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kondisi operasional dan fasilitas pelabuhan, selanjutnya menuju bandara untuk kembali ke jakarta.

« Kembali