Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPS. Bitung | 03 March 2017

Kunjungan Kerja Uni Eropa di PPS Bitung

Audit Tim DG-SANTE Uni Eropa di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung.


       Kota Bitung merupakan salah satu pusat penghasil Ikan Tuna terbesar di Indonesia dengan tujuan ekspor produk Perikanan ke Uni Eropa, Berdasarkan potensi tersebut maka Kota Bitung dipilih menjadi salah satu tujuan sampling Inspeksi Tim Directorate General for Health and Cosumer Protection ( DG-SANTE ) Uni Eropa.
Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung merupakan lokasi pertama yang dikunjungi
     Kegiatan dimulai dengan Opening Meeting oleh Tim DG-SANTE Uni Eropa dan pemaparan profil PPS Bitung, selanjutnya dilakukan pemeriksaan dokumen inspeksi pembokaran ikan dan kunjungan di Kapal Perikanan yang sedang melakukan pembongkaran, Kapal Perikanan yang di inspeksi yaitu KM. Nutrindo PM-2, KM. Tarsius PM-17, KM Nusantara 01, dan KM. Venio, kegiatan difokuskan pada pelaksanaan Jaminan Mutu ( Food Safety ) dan Ketelusuran ( Traceablility ) pada ikan yang didaratkan serta peraturan yang mendasarinya, selanjutnya kegiatan ini dilanjutkan dengan berkunjung ke UPI PT. International Alliance Food Indonesia dan pada hari kedua mengunjungi PT. Samudera Mandiri Sentosa serta PT. Sinar Pure Food International.
      Melalui kedatangan ini, Kepala PPS Bitung Bapak Henry M Batubara mengharapkan lebih di tingkatkan pelaksanaan inspeksi pembongkaran ikan dan pelayanan SHTI sehingga kedepannya lebih baik lagi dan Kota Bitung menjadi pengekspor produk perikanan tuna terbesar di pasar Uni Eropa.

« Kembali