Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Bajomulyo | 15 August 2014

KUNJUNGAN KPK KE PPP BAJOMULYO PATI

    KUNJUNGAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) REPUBLIK INDONESIA KE PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BAJOMULYO
  1. Beberapa hari yang lalu tepatnya hari selasa tanggal 12 Agustus 2014, Tim dari KPK melakukan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo. Kunjungan tersebut dalam rangka Kajian Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Kajian Lapangan dilaksanakan di beberapa Provinsi salah satunya di Jawa Tengah yaitu Kota Semarang, Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara mulai tanggal 11 Agustus 2014 s/d 15 Agustus 2014.
    Rombongan KPK berjumlah 4 (empat) orang yaitu Epakartika, Dwi Indrihastuti, Abdul Aziz dan Dian P dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan KPK. Agenda kegiatan berupa diskusi dan kunjungan lapangan ke penerima hibah/bansos/dana perbantuan dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Kota Semarang, Kab Pati dan Kab, Jepara serta UPT Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan di Juwana dan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo.
    Kunjungan Lapangan ke PPP Bajomulyo untuk melihat kegiatan pelayanan public yang dilaksanakan antara lain pelayanan Sertifikasi Hasil Tangkapan Ikan (SHTI), permohonan cek fisik kapal, pendataan log book, pencetakan kartu nelayan, pendataan pada Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan (PIPP), penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan pelayanan retribusi perpanjangan Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) untuk kapal berukuran 10 sd 30 GT yang merupakan kewenangan provinsi.
    Dari hasil kunjungan lapangan dan diskusi akan menjadi laporan kajian perbaikan system terutama memperbaiki regulasi yang tumpang tindih antar sektor, sehingga menghilangkan adanya celah-celah korupsi. Kunjungan lapangan dari Direktorat Litbang KPK tentunya meningkatkan kinerja kelautan dan perikanan serta perbaikan dalam pelayanan publik yang diharapkan oleh masyarakat kelautan dan perikanan. (skn 2014)

« Kembali