Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Lekok | 10 August 2016

MUNCULNYA HIU TULTUL DI PERAIRAN LEKOK

        Sabtu , 6 Agustus 2016 munculnya hiu tultul disektaran laut lekok , ikan hiu ini muncul berjumlah puluhan ekor . Hiu tultul merupakan salah satu hewan terbesar dilautan dengan ukuran hewan dewasa diperkirakan sekitar 9,7m dan seberat 3 ton. Sebagai pemakan plankton yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut hiu tultul memiliki ukuran mulut sangat besar hing selebar 1,5m yang berisikan 10 lembar penyaring ikan juga memiliki lima pasang insang berukuran besar . Dua mata yang kecil terletak diujung depan kepalanya warna tubuhnya umumnya keabu-abuan dengan perut putih serta lukisan bintik-bintik .

             Habitat ikan hiu ini diketahui mampu menyelam hingga kedalaman 1.286meter dan tergolong ikan bermigrasi . Tercatat sejak tahun 2011 kumpulan hiu tultul ini berada disekitaran laut Pasuruan . Hiu tultul menghuni semua lautan tropika yang bersuhu hangat tidak jarang hiu ini terlihat memasuki laguna atau mendekati muara sungai.

              Makanan hiu tultul dengan cara menyaring air laut makanannya diantaranya : plankton,kriil, larva kepiting pantai , makro alga,serta hewan -hewan kecil nektonic serta ikan -ikan kecil hamburan jutaan telur dan sperma ikan yang melayang -layang di air laut semasa musim pemijahan ikan.

« Kembali