Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Sibolga | 14 February 2022

One Ocean Summit

PPN Sibolga

 

Dibagikan kepada Publik

#SahabatBahari lagi dan lagi, mengurangi sampah di laut masih menjadi fokus utama yang perlu kita gerakkan demi menjaga kelestarian ekosistem laut dan mengantisipasi perubahan iklim.

Hal ini telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara One Ocean Summit yang digelar di Prancis pada 9 sampai 11 Februari 2022.

Beberapa fokus dalam menangani pengurangan sampah plastik ini diantaranya mengubah sampah plastik menjadi tenaga listrik. Hal ini diharapkan dapat mengurangi sampah di laut sebanyak 70% pada tahun 2025 dan telah tertuang dalam Peraturan Presiden No 83 tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Berbagai terobosan telah dicanangkan oleh Menteri Trenggono @swtrenggono salah satunya telah diluncurkan Bulan Cinta Laut yaitu gerakan bersih pantai dan laut serta beberapa terobosan lainnya.

Dengan terciptanya ekosistem laut yang sehat merupakan wujud komitmen Indonesia dalam mendukung terselenggaranya G20 2022 untuk ekonomi biru, karbon biru dan penanganan sampah laut.

Bertepatan dengan hari kasih sayang ini juga, yuk kita sayangi laut dengan menjaga kebersihan laut. Tindakan sekecil apapun bermakna besar untuk kesehatan laut.

Mari kita wujudkan bersama laut yang sehat agar keindahannya bisa dirasakan tidak hanya kini, namun juga untul generasi masa depan.

« Kembali