Pelaksanaan pelayanan pada masyarakat yang saat ini dilakukan di UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan mendapat respon yang cukup baik dari pengguna jasa. Hal tersebut terungkap pada pemaparan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat yang dilakukan oleh sebuah lembaga survey dengan sampel pengguna jasa pada beberapa Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur yang disampaikan di Ruang Rapat Nautica III Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Rabu, 4 Mei 2016. Dengan mengambil sampel para pengguna jasa dari berbagai kalangan dan tingkat pendidikan yang sedang melaksanakan pengurusan dokumen Surat Persetujuan Berlayar dan Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan selama dua minggu pada bulan Maret 2016, hasil Indeks Kepuasan Masyarakat pada UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan mempunyai kategori Baik dengan nilai rata rata 2,89 atau nilai konversi 72,20.
Terdapat 16 unsur pelayanan yang di nilai dalam pelaksanaan survey IKM tersebut, yaitu :
Dari 16 unsur pelayanan tersebut, 15 diantaranya mendapatkan penilaian baik, sedangkan 1 unsur yang kurang baik yaitu mengenai keberadaan maklumat pelayanan. Saat ini keberadaan maklumat pelayanan yang ada di UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan berupa banner dan papan pengumuman yang ditempatkan di depan lokasi ruang pelayanan sehingga dapat dibaca oleh seluruh pengguna jasa. Namun untuk mengakomodir kebutuhan seluruh pengguna jasa di lingkungan UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan yang berasal dari berbagai macam kalangan dan tingkat pendidikan, maka kedepan akan dikembangan metode baru penyampaian maklumat pelayanan dengan menggunakan metode audio visual (video petunjuk layanan) sehingga pesan dari maklumat tersebut dapat tersampaikan ke seluruh pengguna jasa yang memanfaatkan pelayanan masyarakat di UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan guna mencapai visi Pelabuhan Perikanan Mayangan yang berorientasi pada pelayanan, investasi dan wisata edukasi.