Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Pemangkat | 29 August 2017

Penataan Kampung Nelayan

#1. Hari ini, Minggu, 27 Agustus 2017, KKP c.q. DJPT telah melaksanakan kegiatan "Gerakan Aksi Bersih Bedah Kampung Nelayan" di RW 13 Desa Penjajap, Pemangkat, Sambas, Kalimantan Barat. Lokasi kampung nelayan yang berdekatan langsung dengan PPN Pemangkat. 

#2. Kegiatan aksi bersih ini diikuti peserta mencapai 500 orang yang berasal dari unsur-unsur di masyarakat kampung nelayan, baik yang berprofesi nelayan atau lainnya, ibu-ibu dan anak-anak. Selain itu juga, turut terlibat peran instansi terkait seperti personil dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prop. Kalbar, Dinas Perikanan Kab. Sambas, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kab Sambas, PPN Pemangkat, Satker PSDKP Pemangkat, TNI Koramil Pemangkat, Polsek Pemangkat, jajaran pegawai Kecamatan Pemangkat dan Desa Penjajap,  dan para Siswa/Siswi SMK Maritim Pemangkat. 

#3. Kegiatan dimulai pukul 07.30 dengan diawali pengantar resmi dari KKP melalui Direktur Perizinan dan Kenelayanan DJPT dan Camat Pemangkat. Selanjutnya masyarakat yang hadir dengan dibekali peralatan kebersihan yang sudah disiapkan DJPT bergerak menyebar dengan komando lapangan Ketua RW dibantu personil TNI/Polisi untuk melakukan bedah kampung. Hal-hal ringan dikerjakan bersama-sama seperti: Sampah2 plastik dan lainnya yang ada di sela-sela kekumuhan rumah nelayan dipungut dan dikumpulkan pada mobil truk sampah, lingkungan halaman dibersihkan, rumput ilalang dipotong, termasuk drainase2 yang mampet dilancarkan.

#4. Kegiatan bedah kampung nelayan hari ini juga disertai kegiatan bedah 5 (lima) rumah nelayan menjadi layak huni. Telah terpilih berdasarkan kondisi faktual dan rekomendasi desa, rumah nelayan yang dilakukan bedah rumah, yaitu nelayan Bachtiar, Hendra, Erlan, Muhammad, Suwardi. Ke-5 nelayan ini adalah nelayan yang memiliki Kartu Nelayan.  Bantuan diberikan berupa penyediaan bahan material bangunan rumah (kayu, grc, cat dll) dan jasa tukang. Target pekerjaan akan diselesaikan 5 hari dengan pengawasan personil PPN Pemangkat.

#6. Kegiatan lainnya adalah layanan pendataan nelayan untuk Kartu Nelayan yang difasilitasi personil Dinas Perikanan Sambas dibantu Penyuluh Perikanan KKP. Layanan diperuntukkan bagi nelayan2 kampung nelayan yang belum memiliki kartu nelayan.

#7. Kegiatan selesai sekitar 11.00. Diakhir dengan komitmen bersama warga masyarakat kampung nelayan untuk melanjutkan gerakan aksi bersih hari ini akan dilaksanakan secara reguler, terjadwal dan berkelanjutan. Peralatan kebersihan yang diterima dari KKP akan dimanfaatkan mendukung hal ini.

#8. Alhamdulillah, inisiasi kegiatan DJPT Baru ini memberikan penyadaran bersama bagi warga kampung nelayan di desa penjajap Pemangkat terhadap pentingnya bergotong royong menciptakan kawasan kampung nelayan yang bersih, sehat, nyaman dan meningkatkan kualitas hidup keluarga nelayan. 
 

« Kembali