Kegiatan Pelabuhan Perikanan
kegiatan PPN. Prigi | 31 October 2016

PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KELOMPOK POKLAHSAR OLEH PENYULUH PERIKANAN PPN PRIGI

Prigi- Pembangunan bidang kelautan dan perikanan pada saat ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan dibidang perikanan dituntut memiliki kemampuan untuk menggali potensi produksi dan meningkatkan produktivitas sumber daya perikanan, sehingga hasil dari perikanan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembangungan perikanan bertujuan untuk selalu terus - menerus memperbaiki mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan pemberdayaan masyarakat/kelompok melalui program penyuluh perikanan dan pendampingan.

Usaha meningkatkan produksi perikanan harus didasari oleh adanya usaha mempengaruhi masyarakat/kelompok perikanan, dimana mereka harus dibimbing agar ikut aktif mengubah cara usaha perikanannya dengan cara yang lebih baik. Harus diberi ilmu dan teknologi perikanan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya. Untuk maksud ini diperlukan cara berkomunikasi yang tepat dan tanpa paksaan.

Penyuluh perikanan merupakan proses pembelajaran dalam rangka peningkatan kapasitas kemampuan para pelaku utama dan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan untuk mengorganisasikan dirinya dalam mengembangkan bisnis perikanan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraanya dengan tetap memperhatikan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Penyuluh perikanan mempunya peranan penting untuk menghubungkan lembaga ilmiah sebagai sumber hal baru dengan kelompok perikanan, hubungan ini harus dilanjutkan dengan bimbingan praktis untuk menumbuhkan keyakinan dan keinginan mencoba sendiri. Akhirnya peranan kelompok dalam pembangunan perikanan akan terasa karena kesadaran sendiri bukan karena paksaan. Dapat dikatakan bahwa peranan penyuluh perikanan merupakan kegiatan dalam menjalankan fungsinya.  Kegiatan menyampaikan sesuatu yang baru yang lebih baik, menguntungkan bagi kelompok dengan tujuan meningkatkan kemauan dan kemampuan pembudidaya dalam berusaha perikanan.

 

Pembentukan Poklahsar Mina Lestari Abadi pada tanggal 31 Oktober 2016 tadi siang dengan jumlah  anggota sebanyak 23 orang. Pembentukan nelayan ini bertempat di sekertariat kelompok dusun karanggongso desa tasikmadu. Anggota merupakan pelaku usaha pengolahan ikan bakar dan ikan asap yg ada di satu wilayah usaha kawasan pantai sembaronce. Penyuluh perikanan di PPN Prigi, Penyuluh perikanan Kab. Trenggalek, penyuluh pertanian kab. Trenggalek dan kepala Balai Penyuluhan Kec. Watulimo ikut menghadiri Pembentukkan kelompok Mina Lestari Abadi tersebut. Kehadiran penyuluh yaitu memberikan pendampingan terkait dengan Materi mulai dari tujuan pembentukan kelompok, nama kelompok, struktur organisasi, susunan pengurus, sampai dengan administrasi kelompok (pembukuan kelompok).

 

 “Jika Kelompok ini tetap exis, tetap mempertahankan kekompakan dan kerjasama anggota kelompok serta meningkatkan rasa memiliki kelompok dengan mengikuti setiap kegiatan yg diadakan oleh kelompok krn kelompok dibentuk dari dan untuk anggota kelompok”. Kata Ibu Galuh selaku Penyuluh Perikanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi.

Selain itu diharapkan kedepannya ada kegiatan yang sifatnya mengikat bagi anggota antara lain : 1. Iuran anggota 2. Tabungan anggota 3. Kegiatan tambahan (arisan anggota),4. Segera menyusun ADART kelompok. Diharapkan dgn adanya kelompok ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku usaha kelautan dan perikanan. Dan kedepan akan dilakukan fasilitasi dan koordinasi pengurus kelompok dengan kepala desa tasikmadu untuk dilakukan pengukuhan kelompok.

« Kembali