Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Lekok | 09 August 2016

PETIK LAUT NELAYAN LEKOK

          Kegiatan petik laut adalah kegiatan yang mengandung unsur religi yang sudah dilaksanakan sejak zaman nenek moyang sehingga menjadi kebiasaan dan menjadi budaya..Akan tetapi dalam perkembangannya ada nilai-nilai budaya yang tetap utuh dan yang ingin disampaikan oleh nenek moyang kita adalah :

- Bersyukur atas nikmat hasil laut yang telah diperoleh.

- Nilai untuk bersiraturrohim antar sesama kerabat dan lingkungan

- Nilai untuk pendidikan bagi anak-anak nelayan untuk lebih mengenal lingkungan laut dan untuk menjaga kelestariannya.

- Nilai-nilai ekonomi , dengan adanya kegiatan petik laut akan terbentuk sikap saling membutuhkan dan gotong royong sehingga muncul transaksi ekonomi.

        Kegiatan syukur laut merupakan rangkaian  acara yang dimulai dari tanggal:

11 Juli 2016 Kegiatan lomba patrol tingkat anak-anak

12 Juli 2016 Kegiatan tari nelayan

13 Juli 2016 Kegiatan perahu hias , kegiatan pertunjukan kesenian rakyat (SINUN) cerita legenda dalam bentuk dongeng yang disampaikan dengan alat bantu rebana., kegiatan hiburan elekton.

21 Juli 2016 Kegiatan lomba renang dilaut , penutup / pengajian umum.

             Pelaksanan kegiatan syukur laut dilaksanakan bertepatan dengan hari ke 7 di bulan syawal atau dikenal dengan hariraya ketupat. Dan kegiatan petik laut dilaksanakan dilokasi di pelabuhan IPP Lekok yang merupakan central kegiatan nelayan .Kegiatan syukur laut adalah kegiatan yang saling mendukung antar pemerintah desa , HNSI cabang Lekok muspika Lekok Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan  dan Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur.

 

« Kembali