Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPN. Ternate | 19 May 2017

Rapid Assessment PPN Ternate

Rapid Assessment PPN Ternate

Pada hari Kamis tanggal 18 Mei 2017 bertempat di Aula BPN PPN Ternate  telah diadakan Kegiatan Rapid Assessment kegiatan dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate bpk Endang Sunaryo. Acara ini dihadiri oleh  Bagian Kepegawaian Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, seluruh  pejabat eselon IV PPN Ternate dan PT.Ara Indonesia sebagai konsultan Rapid Assessment .

Tujuan diselenggarakannya Rapid Assessment yaitu untuk Mendapatkan “database” pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka Penataan ASN sedangkan pengertian dari Rapid Assessment yaitu metode untuk mengevaluasi kompetensi secara cepat melalui tes tertulis. Manfaat Rapid Assessment yaitu dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik SDM, kekuatan dan area-area yang memerlukan peningkatan agar setiap SDM dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja dan dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun program pengembangan dan pelatihan serta dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun pola karir.

Rapid Assessment yang digunakan untuk mengevaluasi dan menilai secara cepat terhadap kompetensi melalui metode tes tertulis yang mencakup aspek kecerdasan, aspek kepribadian, pengetahuan/keterampilan tentang Aplikasi perkantoran/IT, Pengetahuan/keterampilan tentang Bahasa Inggris, serta Pengetahuan Lingkup Kerja KKP.

Dengan diadakannya Rapid Assessment tersebut profil SDM yang di harapkan KKP yaitu smart, akuntabel, integritas dan loyal dapat terwujud sehinggga Pegawai KKP nantinya mampu menjadi transforming agent, memiliki mental pendobrak, petarung, mampu berkomunikasi dan memiliki ketahanan (endurance)

« Kembali