Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPS. Cilacap | 14 July 2016

Silaturrahim dan Halal Bihalal di PPS Cilacap

Cilacap – Hari Raya Idul Fitri merupakan saat yang tepat bagi umat Muslim untuk bersilaturrahim dan saling memaafkan. Dalam suasana Idul Fitri, Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap menggelar acara Halal Bihalal pada Rabu, 13 Juli 2016, di Balai Pertemuan Breakwater PPS Cilacap. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala PPS Cilacap, Pejabat Eselon III dan IV PPS Cilacap, Pegawai dan Dharma Wanita Persatuan di lingkungan PPS Cilacap, Stakeholder, Instansi terkait di Pos Pelayanan Terpadu serta tamu undangan lainnya. Kegiatan Halal Bihalal ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturrahim sesama Pegawai, Stakeholder dan Instansi terkait dilingkungan PPS Cilacap.

Acara yang berlangsung khidmat tersebut  diawali dengan pembacaan Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Ir. Bambang Ariadi, MM  dengan mengucapkan selamat datang dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Dalam sambutannya Kepala PPS Cilacap menyampaikan, bahwa halal bilahal adalah salah satu  tradisi yang ada di Indonesia dan harus dilestarikan keberadaannya. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa “Puasa itu tidak hanya dilakukan oleh manusia, akan tetapi hewanpun melaksanakan puasa, sebagai contoh ular dan ulat. Ulat kita kenal sebagai hewan yang menjijikan dan rakus, hidupnya hanya makan terus menerus akan tetapi pada suatu saat dia akan memasuki masa menjadi kepompong, dia akan membungkus diri dan berpuasa, setelah masa puasanya selesai dia akan menjelma menjadi kupu-kupu, namanya berubah dari ulat menjadi kupu-kupu, yang tadinya hewan menjjijikan dan rakus telah berubah menjadi hewan yang indah dilihat dan makannya yang tadinya daun kini menjadi madu” ucap beliau.

“Sedangkan ular, setelah makan dia juga berpuasa diikuti dengan pergantian kulit yang merupakan siklus hidup dari ular dan namanya tetap menjadi ular makanannyapun tetap tikus, dan tetap menjadi hewan yang menjijikan dan menakutkan” lanjut beliau.

Dari  ilustrasi tersebut kepala PPS Cilacap mengharapkan bahwa mudah-mudahan puasa kita seperti puasanya ulat, kita menjadi mahluk yang lebih indah dan lebih baik dari sebelumnya.

Setelah sambutan singkat dari Kepala PPS Cilacap, acara kemudian dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustad Tarmizi. Beliau menyampaikan bahwa “ Puasa itu memang diharapkan oleh Allah untuk menjadikan kita orang yang Muttaqin, orang yang Muttaqin inilah yang dijanjikan oleh Allah menjadi penghuni surga” tegasnya. Setelah pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman saling berma’afan dan ditutup dengan makan siang bersama. (cs

« Kembali