Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPP. Bajomulyo | 26 April 2016

SOSIALISASI KESYAHBANDARAN DAN KESELAMATAN BERLAYAR PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BAJOMULYO

PPP BAJOMULYO - Kesyahbandaran memiliki peranan penting dalam pelaksanaan fungsi pelabuhan perikanan. Sesuai dengan peran Kesyahbandaran yang salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap terjaminnya keselamatan dan keamanan pelayaran, PPP Bajomulyo pada hari Senin, tanggal 18 April 2016 menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kesyahbandaran dan Keselamatan Berlayar. Pekerjaan sebagai nelayan merupakan pekerjaan yang beresiko tinggi terhadap terjadinya kecelakaan. Mereka mempertaruhkan nyawa dengan menghadapi ombak besar, angin kencang dan kondisi cuaca yang ekstrim ketika laut tidak bersahabat, demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Mengingat resiko bahaya dilaut yang besar, maka PPP Bajomulyo dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati berusaha untuk memberikan pemahaman kepada nelayan tentang keselamatan dan keamanan selama melaut.

Dalam sambutannya, disampaikan oleh Kepala PPP Bajomulyo mengenai pentingnya keselamatan berlayar pada nelayan diwilayah Kabupaten Pati. Selain itu, disampaikan juga oleh Narasumber tentang peran dan fungsi dari Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) dalam ikut mengawasi sumber daya ikan diwilayah Kabupaten Pati, demi keberlangsungan usaha penangkapan ikan. Perlu dipikirkan juga tentang solusi jika terjadi kecelakaan dilaut tentang pemberian pertolongan pertama pada korban, sehingga perlu diwacanakan untuk diadakannya suatu pelatihan tentang cara penanganan pertama pada kecelakaan dilaut tersebut, seperti usulan yang disampaikan oleh peserta.

Melalui kegiatan Kegiatan Sosialisasi Kesyahbandaran dan Keselamatan Berlayar Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo diharapkan agar para nelayan dapat mengutamakan tentang pentingnya keselamatan dalam kegiatan penangkapan ikan dilaut. (Supriyo/ PPP Bajomulyo)

« Kembali