Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPS. Nizam Zachman | 07 September 2016

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PPS NIZAM ZACHMAN JAKARTA

Survey Kepuasan  Masyarakat di PPS Nizam Zachman Jakarta

    Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkup PPS Nizam Zachman Jakarta  Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang program pembangunan nasional (propenas) yaitu kaji kualitas layanan publik atau disebut juga dengan survey kepuasan masyarakat di bidang pelayanan serta meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik, maka dilakukan evaluasi terhadap penyebab keluhan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2016 sampai dengan 17 Juni 2016.

    Berdasarkan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), kualitas pelayanan UPT PPS Nizam Zachman Jakarta pada semester I tahun 2016 diperoleh nilai rata-rata tertimbang perunsur sebesar 3,94 dan Nilai SKM unit pelayanan publik UPT PPS Nizam Zachman Jakarta masuk dalam kategori 78,70 (B) dengan menggunakan skala  likert.

    Unsur persyaratan pelayanan, Prosedur pelayanan, Biaya, Kedisiplinan petugas pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kesopanan  keramahan petugas, Tanggung jawab petugas pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan, Keamanan pelayanan, Partisipasi masyarakat sudah dinilai Baik oleh keseluruhan responden. Akan tetapi untuk unsur Sarana dan Prasarana Pelayanan sebagian besar responden masih merasa perlu ditingkatkan karena masih banyak responden yang belum memberikan penilaian baik (Cukup)

Kepuasan pelanggan merupakan cerminan kualitas pelayanan yang diterima oleh pengguna jasa, sebab mutu pelayanan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pelanggan. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan.

« Kembali