Kegiatan Pelabuhan Perikanan
kegiatan PPN. Pekalongan | 27 July 2020

Tingkatkan Profesionalisme, PPN Pekalongan Selenggarakan Sosialisasi Pelayanan Prima

Tingkatkan Profesionalisme, PPN Pekalongan Selenggarakan Sosialisasi Pelayanan Prima

Pekalongan (9/7) - Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pegawai, PPN Pekalongan menyelenggarakan sosialiasasi bertajuk  “Internalisasi  Pembangunan Zona Integritas dan Pembinaan Pegawai dalam rangka Pelayanan Prima” pada Kamis, 9 Juli 2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai PPN Pekalongan, dengan menghadirkan narasumber dari Sekretariat Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu: Bapak Rymston B. Situmorang, Kasubbag Organisasi dan Tata Laksana; Bapak Sugeng Wibowo, Kasubbag Mutasi; dan Bapak Fawzan, Kasubbag Umum. Adapun materi yang disampaikan adalah: Membangun Zona Integritas Dalam Birokrasi, Budaya Pelayanan Prima dan Kode Etik Pegawai, dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Salah satu penerapan reformasi birokrasi adalah dengan membangun zona integritas di instansi pemerintah. Zona Integritas, secara umum dapat dipahami sebagai predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Jadi, sebagai “kata kunci“, zona integritas pada suatu instansi dapat dibangun tidak hanya berasal dari komitmen pemimpin atau bawahannya saja, tetapi harus mencakup keduanya.

Terkait dengan budaya kerja, dengan adanya pandemi COVID-19 ini, suka atau tidak suka telah memaksa budaya kerja di semua sektor, termasuk budaya kerja di instansi pemerintah. Sebagai contohnya adalah penyelenggaraan rapat, yang sebelumnya dilaksanakan dengan tatap muka, saat ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Dengan demikian, diperlukan penyesuaian terhadap penggunaan dan penerapan teknologi informasi oleh para pegawai pemerintah. (ve)

« Kembali