Berita Pelabuhan Perikanan
berita PPS. Kendari | 02 February 2018

UJI COBA PENGOPERASIAN TPI HIGIENIS PPS KENDARI

Kendari ____(02/2/2018) Setelah selesai di adakan sosialisasi pengoperasian TPI higienis, pada hari ini tepatnya Jumat 2/2 2018, Plh. Plt, Kepala PPS Kendari A. Budi Utomo, A.Pi, menyaksikan secara langsung uji coba pengoperasian Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Higienis dan dihadiri pula para pejabat eselon IV,  serta yang ditugaskan mengelola TPI higienis.

Dalam pelaksanaan uji coba perdana pengoperasian TPI Higienis adalah kapal KM. Mega Rezky 02, dengan komposisi hasil tangkapan layang, tongkol, cakalang dan madidihang dengan jumlah hasil tangkapan sekitar 6,4ton.Selain itu menyusul pula kapal KM. Tidayona 03 dengan komposisi yang sama..Selain itu setelah tim inspeksi melakukan pula uji formalin kepada kedua kapal tersebut dan hasilnya negatif formalin.

Pada kesempatan ini KM Mega Rezky 02 dan KM. Tidayona 03. Mulai dari Pembongkaran, Pengangkutan ikan ke UPI dan penanganan ikan di TPI semua telah menerapkan prosedur penanganan ikan yang baik guna  menjaga kualitas, kemanan mutu hasil perikanan.

Dengan di operasionalkannya TPI higienis di PPS Kendari  diharapkan untuk ke depannya hasil tangkapan bisa diterima di pasar internasional, karena mutu hasil tangkap yang terjaga kualitasnya dari mulai penangkapan, penanganan di atas kapal, pembongkaran hasil tangkapan di pelabuhan, dan seterusnya ke UPII dan distribusi dilakukan dengan menerapkan Cara Penganan Ikan yang Baik sehingga kualitas hasil tangkapan terjamin.

Dengan adanya uji coba pengoperasian ini tentunya selain penerapan SOP juga bisa mengevaluasi apa yang menjadi kendalab dan tentunya segala kekurangan yang berkaitan dengan pengoperasian TPI higienis ini  akan menjadi bahan evaluasi bersama untuk selanjutnya dibenahi, shingga pada pegoperasiannya nanti tidak ada lagi hambatan ataupun kekurangan secara teknis.

« Kembali