Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

PPN Pekalongan Peringati Detik-Detik Proklamasi secara Daring

PPN Pekalongan Peringati Detik-Detik Proklamasi secara daring

Pekalongan (17/8) – Sudah selayaknya jika Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus diperingati dengan gegap gempita dengan suka cita. Namun demikian, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia diperingati secara sederhana, mengingat pandemi COVID-19 yang masih merajalela. Meskipun demikian, peringatan ini tetap dilaksanakan dengan khidmat tanpa mengurangi makna dari kemerdekaan itu sendiri.

Peringatan HUT ke-75 RI yang salah satunya dilakukan dengan Upacara Bendera Memperingati Detik-detik Proklamasi, pada tahun ini dilakukan secara terbatas. Bahkan, pemerintah pusat mengeluarkan himbauan agar upacara tersebut dilakukan secara daring/virtual dari rumah masing-masing. Menindaklanjuti arahan tersebut, PPN Pekalongan melaksanakan peringatan Detik-detik proklamasi secara daring pada tanggal 17 Agustus 2020 di Balai Pertemuan PPN Pekalongan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 30 orang yang terdiri dari perwakilan pegawai PPN Pekalongan dan beberapa Anggota Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Resort Pekalongan Kota. Sebagian pegawai PPN Pekalongan memperingatinya dari rumah masing-masing.

Kegiatan dilakukan dengan mengikuti Upacara Bendera yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta melalui live streaming. Acara berlangsung khidmat pada pukul 10.00 WIB saat Naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Susatyo. Para peserta mengikuti rangkaian kegiatan Upacara Bendera secara khidmat sampai selesai.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada PNS yang telah mencapai masa kerja 10 tahun. Pada tahun ini, terdapat 2 (dua) orang pegawai PPN Pekalongan yang mendapatkannya yaitu Indarti Wahyuningsih dan Fieka Rahmania. Penyerahan tanda kehormatan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala PPN Pekalongan Kurmawan. (ve)

© Direktorat Kepelabuhanan Perikanan. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.